“ When you say it, it’s marketing. When they say it, it’s social proof.” - Andy Crestodina -
Social Proof atau bukti sosial sudah menjadi hal yang sangat penting di dunia digital, dari sinilah konsumen memvalidasi, apakah bisnis itu baik atau berpengalaman dalam bidangnya.
Dengan memiliki 7 hal ini, maka dapat dipastikan bisnis Anda merupakan bisnis yang terkenal dan sudah sangat dipercaya. Apa saja 7 jenis Social Proof? ayo kita lihat bersama.
- Customer Review
Ini adalah Social Proof yang paling umum, contohnya jika memiliki toko di marketplace, kita akan memiliki Bintang sebagai Rating dari Customer Review. Semakin tinggi Rating Anda, maka semakin terpercaya toko yang Anda miliki. Customer review juga bisa berarti produk kita di review melalui media sosial seperti YouTube dan mendapat respon positif.
- User generated content atau UGC.
Merujuk pada konten yang dibuat atau dibagikan oleh pengguna, seperti foto produk yang diambil atau digunakan oleh konsumen. Ini juga merupakan social proof yang penting, membuktikan bahwa barang yang kita miliki telah dibeli orang lain. Orang akan cenderung lebih percaya jika produk kita sudah digunakan oleh orang lain apalagi teman dekat Anda.
- Customer Testimonials
Hal ini berbeda dengan review, jika review berkaitan dengan bintang dan menjelaskan detail produk Anda, testimonial lebih berfokus pada hasil yang dirasakan oleh konsumen. Biasanya Testimonial hanya terdiri dari satu atau dua kalimat yang positif.
- Social Media Performance
Performa social media Anda juga bisa menjadi social proof yang kuat mulai dari Jumlah followers, berapa banyak likes yang Anda miliki, serta seberapa banyak komen yang Anda dapatkan. Jika ingin lebih menarik Anda bisa memverifikasi akun dan mendapatkan centang biru sebagai bukti otoritas.
- Ikon Ternama
Ini juga salah satu yang umum digunakan yaitu peran dari influencer dan tokoh ternama di bidangnya, namun selain itu Anda bisa juga menggunakan logo dari media-media terpercaya sehingga “trust” akan semakin meningkat, misalnya Anda masuk dalam majalah Forbes, diliput di CNBC atau CNN, dll.
- Database
Ya Data yang Anda miliki juga bisa menjadi social proof yang kuat, data yang dimaksud seperti berapa lama bisnis Anda berjalan, berapa banyak customer yang sudah Anda layani, berapa banyak pembaca bulanan di blog Anda, berapa total followers di sosial media Anda.
- Penghargaan
Memiliki banyak penghargaan juga merupakan social proof yang sangat kuat bahwa Anda merupakan orang yang kompeten karena telah menjadi pemenang dari berbagai kompetisi.
Inilah 7 Social Proof yang bisa membuat brand Anda menjadi terkenal, Anda sudah punya berapa?