B2B Marketing
Kekurangan Database untuk Jualan? Ini Dia Cara Menambah Database Calon Pelanggan.
Ditulis oleh:
Dian Wicaksono
August 11, 2023

Dalam penjualan B2B atau penjualan korporat, database pelanggan adalah hal yang sangat krusial. Mengapa? Ya, karena penjualan ke segmen korporat perlu ada pendekatan khusus dan harus melalui orang yang tepat. Orang yang tepat, akan memberikan referensi di setiap aspek penjualan kita. Mendapatkan database calon pelanggan dari segmen B2B (Business-to-Business) adalah langkah penting dalam upaya pemasaran.

 

Namun permasalahannya, dari mana kita mendapatkan database tersebut ?

 

Ini dia beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengumpulkan database calon pelanggan korporat atau B2B untuk bisnis kamu.

Pengumpulan Data Internal.

Mulailah dengan mengumpulkan dan merapikan data pelanggan yang telah ada dari perusahaan kamu sekarang. Ini bisa mencakup banyak informasi seperti nama perusahaan, nama kontak, alamat email, nomor telepon, dan informasi relevan lainnya. Pastikan data ini telah kamu perbarui secara berkala.

 

Sosial Media dan Jaringan Profesional.

Manfaatkan platform media sosial seperti LinkedIn agar kamu dapat terhubung dengan calon pelanggan potensial. Bergabunglah juga dengan grup dan komunitas yang relevan dengan industri kamu. Tentunya, ini membantu kamu dalam membangun hubungan dan mengidentifikasi siapa pelanggan potensial kamu nantinya.

 

Acara dan Konferensi

Karena kamu bergerak di pasar B2B atau pasar korporat, maka kamu perlu menghadiri acara pameran sebuah industri yang relevan. Ini adalah tempat yang baik untuk bertemu orang baru, berinteraksi langsung dengan para profesional dari industri yang sama dan mengumpulkan kontak yang bisa kamu tindak lanjut kemudian hari.

 

Membuat Konten Pemasaran sebagai Lead-Magnet

Buat konten yang relevan dan bernilai bagi audiens atau calon pelanggan B2B kamu. Ini bisa berupa artikel, laporan, infografis, atau e-book yang bisa kamu tayangkan di website atau media sosial kamu. Mintalah calon pelanggan untuk berlangganan atau mengunduh konten kamu dengan memberikan formulir supaya mereka mendaftar data kontak mereka. Ibarat kata, kamu melakukan barter dengan pelanggan, mereka mendapatkan konten bermanfaat, sedangkan kamu mendapatkan data identitas mereka. Menarik, kan?

 

Program Newsletter

Buat newsletter atau buletin yang berkualitas dan konsisten. Ajak pelanggan kamu untuk berlangganan dan tetap berhubungan dengan perkembangan terbaru dalam industri dan perusahaan kamu supaya mereka tetap terhubung dengan perusahaanmu terus menerus.

 

Kolaborasi dengan Mitra Bisnis

Jalin kerjasama dengan mitra bisnis dalam industri yang sama atau terkait, semisal media lokal, supplier, vendor, dan sebagainya. Ajak mereka berkegiatan bersama dan saling mendukung. Kegiatan ini tentunya akan membuka pintu untuk berbagi database pelanggan dan membuka referensi baru dengan mitra – mitra yang kita ajak bekerjasama.

 

Sudah ada enam cara yang saya bagikan supaya bisnis kamu dapat berkembang lebih pesat dengan menambah database calon pelanggan. Langkah selanjutnya, setelah database tersebut terkumpul, kamu perlu luangkan waktu untuk menghubungi mereka dan menjalin hubungan kerjasama bisnis untuk keberlangsungan perusahaan.


Selamat mencoba.